Gelembung

efek daun

Selasa, 19 Februari 2013

Fauna Langka di Indonesia



Fauna Langka di Indonesia


Indonesia memang benar-benar merupakan negara yang kaya.... negara kita banyak memiliki fauna khas yang memang hanya ada di Indonesia dan tersebar dari sabang sampai merauke. Ini karena wilayah indonesia memiliki hutan yang sangat luas yang banyak di tempati oleh hewan - hewan. langka.  Hewan langka di indonesia, adalah hewan yang statusnya dilindungi oleh negara, artinya hewan ini tidak boleh di bunuh atau di jual belikan. Dan jika ada  yang membunuh atau menjual belikan hewan yang dilindungi makan akan dikenakan sanksi hukum.
Beberapa hewan langka yang ada di indonesia :
1. Elang Jawa(Spizaetus Bartelsi)

       
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka diIndonesia. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri. Sebagai predator puncak, Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa. Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Berdasarkan kriteria keterancaman terbaru dari IUCN, Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau “Genting”.



2. Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)

        Hewan Langka
Harimau Sumatera Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Penebangan liar yang semakin marak serta perburuan untuk mengambil kulit dari harimau, membuat keberadaannya semakin memprihatinkan. Harimau Sumatera mempunyai warna gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg, sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg.


 3. Orang Utan (Pongo Pygmaeus)

          hewan langka
      Hewan ini banyak dijumpai di hutan hujan tropis dan dataran rendah terutama di derah Kalimantan. Masih termasuk ke dalam jenis kera, namun orang utan memliki rambut di tubuh yang begitu panjang jika di banding dengan kera pada umumnya. Makanan utama hewan ini adalah buah-buahan. Sudah lama orang utan dimasukan kedalam kelompok hewan langka karena populasinya yang semakin sedikit akibat dari perburuan liar dan penebangan hutan ilegal.


4. Komodo(Varanus komodoensis)

         Varanus komodoensis1.jpg
Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. 


5.Badak Jawa/Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)

     Hewan Langka
Badak Jawa/badak bercula satu, jenis badak hingga saat ini ada lima jenis, dan dua diantaranya ada di Indonesia, dibandingkan dengan Kelima jenis badak tersebut, Badak Jawalah yang paling langka, hingga saat ini, Badak Jawa diperkirakan hanya tinggal 60 Ekor saja.


Nah itulah beberapa fauna langka di Indonesia yang wajib kita lindungi supaya tidak punah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar